Kerry Blue Terrier si Anjing Bermuka “Bushy”

Posted on

Kerry Blue Terrier si Anjing Bermuka “Bushy”

Matanya hampir-hampir tidak tampak, tertutup oleh bulu-bulu yang diperbolehkan tergerai sampai ke dagu, sehingga mukanya kelihatan ‘bushy’. Penampilannya bertambah ajaib sebab bulunya yang berombak memiliki warna kelabu kebiruan.

Kerry Blue Terrier berasal dari Irlandia. Ia tergolong kalangan Terrier. Kegunaan yang disandangnya ialah sebagai anjing melakukan perburuan, penggiring piaraan, kompetisi, pelindung, juga dengan sobat yang charming. Pada skala internasional trennya tidak terlalu tinggi, tetapi prestasinya di gelanggang kompetisi dapat dibanggakan. Ia kerap menjuarai titel Best in Show pada turnamen besar di Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Di Indonesia anjing ras ini cuma difungsikan sebagai peserta kompetisi dan kawan  di rumah. Eksistensinya blum bnyak diketahui masyarakat.

Kesannya unik

Sekejap pandang, kesan yang muncul pada sosok yang jadi primadona kompetisi ini ialah unik. Keistimewaannya terpantul pada penampilan body keseluruhan. Tubuhnya yang tegap dibalut bulu berombak, dengan potongan kompak seperti bujur sangkar bersisi 45 centimeter. Kakinya kelihatan gempal bermuatan sebab penuh bulu. Yang lebih ajaib lagi ialah wujud kepalanya.

“Mukanya rada terlihat bushy (seperti semak)”, Paras bushy itu kelihatan sebab mukanya penuh ditumbuhi bulu-bulu panjang sampai ke bawah dagunya. Bulu-bulu ini pastinya menyengaja di-clip demikian.

Untuk ‘mencerna’ keelokan Kerry Blue Terrier dibutuhkan apresiasi tingkat tinggi. Karena ‘kerabat sepupu’ Irish Terrier ini bkan anjing biasa akan tetapi anjing yang mempunyai spesifikasi tinggi. “Keunikannya berlokasi pada warna bulunya yang biru”. Bulu yang berombak itu pada awalnya berwrna hitam polos, lalu akan berubah menjadi kelabu kebiru-biruan ketika anjing memiliki usia 18 bulan.

Kepribadiannya dan wataknya juga menarik. Kerry Blue Terrier yang baik memiliki motivasi tinggi, lebih tinggi dari pada Doberman. Ekspresinya cemerlang, aktif, perkasa, dan gesit. Ini bisa diperhatikan dari kepala dan lehernya yang kokoh, buntut berdiri, dan tubuh yang sterk. Ekspresi ini amat urgent, sebab seekor anjing yang cantik tanpa ekspresi akan kelihatan mengantuk dan malas. Untuk tampil dengan baik, mata seharusnya kelihatan cantik. Walaupun mukanya nyaris tertutup, mata seharusnya konsisten diperlihatkan. Langkahnya dengan memangkas minim alis matanya.

Perawatan

 

Keelokan bulu Terrier ini seharusnya dibentuk sebab ia tergolong fancy breed. Langkahnya dengan memangkas bulu secara teratur tiap 2-3 bulan satu kali. Bulu pada sebelah {kiri} kanan kepala dan fisiknya dipotong pendek, sebelah tengah kepala satu strip boleh rada panjang. Mulai sebelah hidung sampai dagu diperbolehkan panjang. Selain bulunya seharusnya dipotong, anjing juga butuh dimandikan.

Mandi bagi anjing terdapat 2 jenis, yaitu mandi air dan mandi bedak. Mandi dengan air cuma dilaksanakan 2-3 bulan satu kali sesudah bulu dicukur. Sedangkan mandi bedak dilaksanakan sepekan satu kali untuk perawatan. Salah satu kelebihan Kerry Blue Terrier ialah tidak pernah mendapatkan rontok bulu seperti Herder. Oleh sebab itu, Terrier Biru yang bermuatan 15 kilogram ini tidak butuh perawatan khusus rontok bulu. Walaupun demikian, anjing selayaknya konsisten dihindarkan dari tungau. Pencegahan tungau lebih baik dengan langkah menyapu lingkungan. Jika tungau konsisten terdapat, anjing diberi obat anti tungau sepekan 2 kali.

Sebelah tubuh lain yang membutuhkan perhatian ialah matanya. Mata yang rada tertutup membutuhkan perawatan continue dengan eye lotion. Kalau mata terlihat merah diobati dengan antibiotik tetes. Di samping perawatan yang baik, kebugaran anjing ditunjang oleh pakan yang keren. Pakan untuk Si Kerry ini tidak istimewa, sebab cuma bermodel dog food. Jatahnya 300-400 gram /hari.

Dalam menemui kompetisi, Kerry Blue Terrier yang lazimnya berharga Rp. 4,5 juta ini tidak memerlukan persiapan khusus, sebab latihan sudah diberi tiap hari. Latihan yang dimaksud bkan latihan bobot, hanya bermodel game semasa 15-20 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *