Cara Merawat Ikan Koi Agar Berwarna Indah Dan Menarik

Posted on

Cara Merawat Ikan Koi Agar Berwarna Indah Dan Menarik

info-budidaya.my.id – Selain quality ikannya, terbukti quality air juga menetapkan keelokan warna koi. Berikut ini kunci penguasaannya.

Langkah Merawat Ikan Koi Supaya Memiliki warna Cantik
Daya tarik koi pastinya berlokasi pada warnanya yang semarak dan berbagai macam. Dan sebab inilah yang menjadi sebab kenapa orang terpukau menjaga  koi.

Akan tetapi, warna-warna mempesona itu dapat pudar sebab salah perawatan. Sedangkan itu tidak butuh terjadi, jika quality air baik dan oksigen terlarut cukup. Terdapat tips merawatnya supaya warnanya cantik dan tidak gampang meninggal.

Air Dekil Seharusnya Dibuang Melalui Asas Kolam

 

Warna koi yang keren, slain dipengaruhi oleh quality ikannya (70%), juga oleh kualitas air (20%). Jadi koreksi quality air urgent untuk memperoleh warna ikan yang cantik dan bersinar. Kriteria air yang baik ialah yang isi ion besi, klor dan belerangnya rendah, tengah fokus oksigennya tinggi. Kisaran pH-nya antara 7,2-7,4.

Untuk memperoleh quality seperti itu air seharusnya dialirkan ke dalam kolam koi dari satu sisi dan keluar dari sisi lainnya. Akan tetapi peredaran air seperti ini tidak terdapat fungsinya sebab cuma air bersih saja yang keluar masuk, tengah air dekil yang lebih bobot konsisten berada di asas kolam. Kalau ini diperbolehkan maka hasil ekskresi koi “tergolong ion besi dan belerang” secara perlahan akan menimbun di asas kolam, dan menjadi media yang baik bagi bakteri-bakteri patogen. Sebab itu, pengaliran air melalui asas kolam seharusnya dibuang segera.

Air sumur atau PAM kurang baik bagi ikan. Jika air ini akan dipakai, seharusnya terdapat water treatment lebih dahulu. Contohnya dengan menambahkan air peredaran. Di samping itu, air juga butuh disaring dan disirkulasi untuk mengendalikan pertumbuhan plankton dan kuman.

Jumlah Kecil Lebih Baik

Perawatan akan lebih gampang jika koi-koi yang keren dipelihara dalam jumlah kecil dan tidak dibuat satu dalam satu kolam dengan crucian carp, maskoki, dan koi-koi yang buruk. Selain tidak cantik diamati, hal tersebut juga akan mengusik koi-koi keren itu. Karena, ikan-ikan yang buruk memakai oksigen dan masakan lebih bnyak ketimbang koi yang keren. Selain itu keadaan tubuhnya juga lebih kuat.

Sehingga jika suatu ketika terjadi kekurangan oksigen, maka koi yang keren akan lebih dahulu meninggal.

Kerugian lain kalau koi dipelihara dalam jumlah besar, hasil ekskresinya akan mengotori kolam dalam fokus tinggi. Hasilnya, isi amoniak air pun naik, dan ini dapat memberi pengaruh keadaan koi yang keren itu.

Leluasa Parasit

 

Di dalam kolam ada pelbagai tipe kuman yang dapat berbahaya bagi kehidupan koi, contohnya Argulus dan Lernaea. Parasit-parasit ini seharusnya dihancurkan segera sesudah tampak tanda-tandanya. Jika tidak, ikan koi yang ditempeli parasit-parasit itu akan menggesek-gesekkan fisiknya, sampai sisiknya rusak dan penyakitnya menular ke ikan lain.

Sebab lebih jauh dari serangan parasit ini, ambisi makan dan ketahanan ikan menurun. Sebab itu patogen seharusnya dimusnahan. Cara membasminya dapat dengan memakai obat-obatan, seperti Diptelex (liat tabel di bawah).

Tabel Pemakaian obat yang cocok dengan besarnya kolam
Permukaan air (m2)Kedalaman Air
30 centimeter50 centimeter100 centimeter
3,316,50,3-0,6 g 1,0-3,0 g0,4-1,0 g 2,0-5,0 g0,8-2 g 4,0-10 g
33,03,0-6,0 g4,0-10 g8,0-20 g

Cukup Oksigen

Seperti makhluk hidup lainnya, ikan koi pun memerlukan oksigen yang lumayan. Efek langsung oksigen pada warna koi pastinya tidak terdapat. Akan tetapi sebab koi sensitif kepada transformasi lingkungan, eksistensi oksigen menjadi amat urgent.

Sebab kekurangan oksigen, lazimnya koi tidak ingin makan, dan jika diperbolehkan tidak langka dapat menimbulkan kematian. Kematian koi juga dapat diakibatkan oleh udara yang terlalu panas pada hari sblmnya.

Ciri-ciri koi yang kekurangan oksigen ialah meningkatnya ikan ke permukaan air. Sebab itu, butuh dipakai pompa, atau air compresor untuk menambahkan oksigen dalam air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *