8 Cara Menanam Daun Ketumbar di Pot

Posted on

8 Cara Menanam Daun Ketumbar di Pot

Ketumbar yang mempunyai nama Latin Coriandrum sativum ialah tipe tanaman yang berdaun hijau gelap yang biasa dipakai untuk menambah cita rasa pada masakan Asia dan Latin yang khas. Ketumbar biasa dipanggil “coriander” atau “Chinese parsley”. Ketumbar merupakan salah satu tipe tumbuhan yang gampang untuk ditanam atau dibudidayakan langsung dari biji atau benih. Kamu dapat menanamnya sesudah musim dingin dengan media tanam bermodel di dalam pot.

Nyaris semua sebelah dari tumbuhan ketumbar bisa dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bahan penyedap. Ketumbar cocok untuk kebun kupu-kupu sebab tumbuhan ini pastinya kesenangan  kupu-kupu terutama pada waktu dini dan sore. Tipe ketumbar yang keren untuk penanam pemula sebab tidak cepet menggulung dan membuat penuaian daun yang bnyak ialah Costa Rica, Leisure, dan Long Standing.

Ketumbar sekejap bijinya serupa dengan lada. Bnyak orang yang tak bisa membedakan mana ketumbar mana lada. Jika dari wujud tumbuhannya, sesungguhnya tumbuhan ketumbar beda jauh dari lada. Secara fisik, tumbuhan ketumbar malah lebih serupa dengan seledri. Kamu dapat menanam  ketumbar di sekitar rumah dengan pot atau di tanah langsung kalau Kamu mempunyai tanah kosong yang lumayan luas. Ketumbar ketika masih kecil juga serupa dengan seledri. Daun ketumbar ini dapat digunakan sebagai penyedap makanan terutama makanan berkuah seperti sup.

Ketumbar bkan tumbuhan absah Indonesia, malah ketumbar biasa hidup di tempat dengan empat musim. Lazimnya tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil daunnya yang masih muda untuk kebutuhan pendamping makan seperti lalap dan sayuran. Akan tetapi, selain untuk penyedap masakan, daun ketumbar juga berfaidah sebagai bahan utama dalam obat herba, juga bahan baku minyak harum, dan dalam industri.

Sayangnya, Indonesia masih impor biji ketumbar ke luar negere sampai puluhan ribu ton. Sedangkan, dari pada impor sobat dapat menanamnya sendiri sebab langkah menanam daun ketumbar tidak begitu susah.  Berikut ini hal yang seharusnya dilihat dalam langkah menanam ketumbar di kebun atau di tanah terbuka yang luas

  1. Pilih Waktu Tanam

Waktu paling baik untuk menanam ketumbar tergantung tempat Kamu tinggal sebab cocok musim atau cuaca yang terjadi. Ketumbar tidak tahan kepada panas yang ekstrim. Waktu paling baik untuk mulai menanam ketumbar di antara bulan Maret dan Mei yang biasanya cuaca atau musim tengah hangat dan kering. Cuaca yang terlalu panas membikin tumbuhan ketumbar akan menggulung yang berarti akan mengeluarkan bunga dan biji. Tentukanlah waktu tanam ketumbar dengan bijak supaya hasil yang didapatkan optimal.

  1. Siapkan Lokasi Tanam di Kebun

Pilih lokasi tanah di mana ketumbar akan mendapatkan cahaya matahari secara langsung. Akan tetapi, jangan letakan tumbuhan ketumbar di tempat yang terpapar terik matahari. Media tanam ketumbar seharusnya berada di tanah yang subur dengan peredaran air yang baik serta ukuran pH antara 6,2 sampai 6,8. Pakai sekop atau rototiller untuk menggarap tanah atau media tanam ketumbar. Alat itu dipakai untuk menjebloskan 2 sampai 3 inchi bahan organik seperti kompos, daun busuk, atau kotoran binatang ke kalangan tanah yang paling atas. Lalu ratakan tanah dengan garu sblm mulai menanam.

  1. Pemilihan Benih Ketumbar

Ketumbar biasa diperbanyak melalui bijinya. Benih ketumbar didapatkan dari biji yang sudah cukup usia dan sehat. Biji-biji ketumbar seharusnya diseleksi sblm disemai. Gimana langkah menanam daun ketumbar dari benih biji?

Kamu cukup merendam biji-biji itu dalam air sehingga Kamu bisa memilih biji yang tenggelam dalam air merupakan biji yang keren.

  1. Semai Biji Ketumbar

Sblm ditanam, biji ketumbar seharusnya direndam di dalam air hangat semasa 2 sampai 12 jam untuk mengaktifkan biji itu. Sesudah itu, siapkan wadah bekas dengan kedalaman 1-2 centimeter dan tabur biji ketumbar di sana. Persemaian biji ketumbar dilaksanakan pada tanah dengan kedalaman sekitar 1/4 inchi dengan jarak 6 sampai 8 inchi dalam barisan yang berjarak sekitar 30 centimeter antara satu dengan yang lain.

Ketumbar perlu keadaan tanah yang lembab untuk germinasi sehingga Kamu seharusnya kerap menyiraminya. Ketumbar butuh air yang lumayan pada tiap pekan sebab tumbuhan ini mulai germinasi dalam rentang waktu dua sampai tiga pekan. Biji akan bekembang dalam waktu 7-10 hari. Ketumbar memliki waktu pertumbuhan yang lumayan cepet. Setelah itu, Kamu seharusnya menanam biji yang baru tiap 2 sampai 3 pekan satu kali untuk meyakinkan bahwa Kamu memiliki cadangan ketumbar sepanjang musim

  1. Rawat Ketumbar dengan Telaten

Sesudah tumbuhan tingginya mencapai sekitar 2 inchi maka Kamu dapat memberi pupuk nitrogen yang larut air. Jangan memberikan pupuk secara berlebihan. Jumlah pupuk yang diperlukan ialah 1/4 cangkir untuk tiap 7 sampai 6 meter zona tanam.

Sesudah tumbuhan ketumbar telah mulai kuat. Kamu tidak butuh menyiraminya terlalu bnyak. Kamu cuma butuh memelihara tanahnya supaya konsisten lembab, namun tidak samapi amat berair sebab ketumbar berasal dari tempat beriklim kering.

  1. Tumbuhan Tidak Boleh Terlalu Besar

Kalau ketumbar telah terlalu besar mencapai tinggi 2 sampai 3 inchi, potong tumbuhan itu. Cabutlah tumbuhan yang lebih kecil supaya tidak begitu rapat. Biarkan tumbuhan yang telah bekembang lebih besar supaya trus bekembang sampai antar tumbuhan berjarak 8 sampai 10 inchi. Tumbuhan yang lebih kecil (yang sudah dicabut) dapat dipakai untuk makanan supaya lebih sedap. Kamu bisa menangkal gulma bekembang dengan menanam ketumbar lebih bnyak di sebelah asas tumbuhan sesudah tumbuhan bekembang.

  1. Waktu Penuaian

Pangkas daun tunggal dan batang dari sebelah asas tumbuhan yang berlokasi di dket tanah ketika dituai. Dapat juga dilaksanakan ketika batang tumbuhan sudah mencapai tinggi 4 sampai 6 inchi. Pakai tumbuhan yang segar untuk makanan, bkan daun tua yang terasa pahit. Kamu tidak boleh memangkas lebih dari satu-per-tiga daun dalam satu kali waktu sebab bisa membikin tumbuhan menjadi lemas. Sesudah Kamu menuai daunnya, tumbuhan ketumbar akan trus bekembang setidaknya sampai dua atau tiga perputaran lagi.

  1. Tentukan Ketumbar Memiliki bunga atau Tidak

Tumbuhan ketumbar akan mulai memiliki bunga dalam waktu cepet atau rada lama. Ketika itu, tumbuhan akan stop membuat daun baru yang segar dan enak untuk dimakan. Lazimnya beberapa orang akan memangkas bunga tumbuhan supaya tumbuhan membuat daun yang lebih bnyak dari sblmnya. Kamu seharusnya menuai biji ketumbar sesudah tumbuhan memiliki bunga. Sesudah bunga mengering, Kamu dapat menuai biji ketumbar untuk makanan. Kamu juga dapat memperkenankan biji ketumbar jatuh ke tanah secara alamiah dengan menaburkan benihnya begitu saja. Tumbuhan ketumbar secara alamiah ini akan bekembang pada periode selanjutnya.

Cara Menanam Ketumbar di Dalam Pot

Berikut ini hal-hal yang seharusnya dilihat dalam langkah menanam ketumbar di dalam pot atau media lain yang lebih kecil.

 

1. Menyediakan Pot 

Pertama, pilihlah pot yang cocok setidaknya mempunyai lebar 18 inchi dan kedalaman 8 sampai 10 inchi. Pot yang dipakai seharusnya memilki ukuran lumayan besar untuk menampung tumbuhan dewasa sehingga Kamu tidak butuh memindahkan tumbuhan yang telah besar.

Kamu selayaknya tidak memakai pot yang memilki ukuran kecil dan sempit sebab bisa menghambar pertumbuhan.

2. Menyediakan Benih Ketumbar 

Kedua, tanam biji ketumbar. Pot diisi dengan tanah yang cepet kering. Kamu juga bisa mencampurkan pupuk ke dalam tanah kalau Kamu pastinya menghendaki hal tersebut. Lembabkan tanah dengan minim air, akan tetapi ketumbar tidak boleh terendam air. Kamu seharusnya melihat ukuranan air dari tumbuhan yang tengah Kamu tanam. Sebarkan biji di atas tanah secara merata di dalam pot. Tutuplah bibit yang sudah disebarkan barusan dengan tanah sesudah 1/4 inchi.

3. Tempat Media Tanam 

Ketiga, simpan ketumbar di tempat yang memperoleh bnyak cahaya matahari. Ketumbar butuh cahaya matahari yang lumayan untuk bekembang dengan baik.  Letakkanlah tumbuhan ketumbar dalam pot di jendela yang memperoleh bnyak cahaya matahari atau simpan di rumah cermin. Lalu bibitnya akan mulai bekembang dalam waktu 7 sampai 10 hari.  Ketumbar tidak perlu waktu lama untuk bekembang dan berkembang sehingga siap penuaian.

4. Perawatan Tumbuhan 

Keempat, kawal supaya tanah konsisten lembap. Kawal kelembaban tanah dengan membasahi tanahan memakai botol semprot. Sebab air yang dituangkan langsung ke tanah bisa mengakibatkan biji ketumbar bergulir lokasinya. Kelima, waktu penuaian ketumbar. Ketika batang ketumbar tingginya sudah mencapai 4 sampai 6 inchi, tumbuhan ini akan siap dituai. Potong tumbuhan sampai 2 sampai 3 sebelah daun pada tiap pekan. Hal yang seperti itu akan memacu tumbuhan untuk trus bekembang. Kalau sudah bekembang, Kamu dapat menuai empat tumbuhan ketumbar dari satu pot.

Berikut ini Tutorial Komplit Langkah Menanam Ketumbar yang Baik

Sesungguhnya, langkah menanam ketumbar amatlah gampang kalau sobat melaksanakannya dengan telaten. Kemudian, ketumbar ialah bahan asas dari bnyak bumbu masakan. Jadi, jika sobat dapat menanam ketumbar sendiri, akan lebih irit dan berfaidah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *