5 Cara Menanam Daun Kemangi dari Biji – Tips Perawatan

Posted on

Kemangi atau biasa dipanggil dengan daun kemangi, ialah salah satu tumbuhan yang amat tenar di masyarakat Indonesia. Pada biasanya daun ini biasa dikonsumsi berbarengan dengan masakan utama dengan lalapan. Kemangi termasuk tanaman dalam genus Ocimum. Daun kemangi merupakan terna (tanaman yang batangnya lunak sebab tidak membentuk kayu). Tumbuhan kemangi yang bnyak bekembang di tempat tropis ini merupakan tumbuhan herbal kokoh semak, judul membulat, bercabang bnyak, amat sedap dan mempunyai ketinggian 0,3 – 1,5 m.

Daun kemangi mempunyai harum khas yang berasal dari isi sitral tinggi pada daun dan bunganya. Lazimnya daun kemangi ini senantiasa disantap bersama-sama daun kubis, ketimun, dan sambal pada lalapan ayam atau ikan goreng. (Membaca Juga: Cara Menanam Kencur)

Kemangi mempunyai isi kimia bermodel 1,8 sineol, anethol, apigen, dan boron. Daun kemangi juga memiliki kandungan kecut amino arginin dan kecut aspartat. Sebab banyaknya penyuka akan daun kemangi ini, maka bnyak pula orang yang lalu coba untuk membudidayakannya, oleh sebab itu. Jika kamu mau tahu langkah menanam daun kemangi bisa baca ulasan di bawah sebagai berikut:

  1. Cara Pemilihan Bibit Kemangi

Selayaknya, bibit kemangi yang dipakai mempunyai warna cokelat dan sudah mengering. Juga dengan, sblm bibit kemangi dipakai untuk menanam, lebih-lebih dulu bibit itu dijemur di bawah terik matahari sejak beberapa waktu sblm di semai di sebuah wadah. Begitulah langkah menanam daun kemangi dalam cara  pertama. Berikut beberapa ulasan pemilihan bibit kemangi yang baik:

  • Bibit pada tanaman kemangi lazimnya bermodel kecambah yang berasal dari biji-biji tanaman kemangi.
  • Biji kemangi selayaknya didapatkan dari bunga kemangi yang telah masak dari pohonnya, lalu roboh sebab terkena angin.

Untuk mendapatkan benih atau bibit yang unggul, terdapat bagusnya memakai biji-biji tanaman kemangi yang unggul dan mempunyai quality baik. Lazimnya, bibit kemangi yang akan dipakai untuk menanam merupakan bibit yang didapatkan dari bunga-bunga kemangi yang sudah tua.

Membaca Juga: Cara Menanam Apel

  1. Persiapan Lokasi Penanaman Kemangi

Dalam memelihara tanaman, terkhusus kemangi, yang paling urgent disiapkan ialah:

  • Lokasi yang akan dipakai seharusnya dilaksanakan penggemburan lebih-lebih dulu dengan memakai penggali. Sebab pada pengerjaannya, ketika tanah dicangkul maka akan mengeluarkan racun yang ada di dalam tanah serta memberikan oksigen lebih kepada bakal tanah yang akan dipakai.
  • Lalu, akan tampak lebih keren jika lokasi persemaian diberi penjaga supaya tidak begitu bnyak terkena cahaya matahari.
  • Sesudah itu dilaksanakan pengerjaan penggemburan tanah, tanah itu dibentuk menjadi bendengan dengan ukuran bendeng sebanyak 1 meter dan panjang 3 meter tergantung luas lokasi yang dipegang.
  • Setelah itu taburkan pupuk kompos secara merata pada bendengan itu. Lalu ratakan dan baur kembali dengan memakai penggali dengan maksud supaya pupuk sangkar dapat rata dengan kalangan tanah bawah.
  • Lokasi yang sudah dilunakkan dapat di diamkan semasa lebih kurang 2-3 hari, dengan maksud supaya keadaan elemen hara akan kembali seperti semula sesudah dilaksanakan penggemburan.

Membaca Juga: Cara Budidaya Ikan Koi

  1. Penanaman Bibit Kemangi

 

Dalam penanaman bibit kemangi selayaknya melihat hal-hal sebagai berikut:

  • Biji yang telah siap bekembang biasanya mempunyai tanda-tanda memiliki warna hitam dan kering.
  • Sesudah biji yang di jemur sudah kering pindahkan wadah itu di dalam temperatur ruangan dan biarkan memperoleh udara.
  • Cara  setelah itu dilaksanakan penanaman bibit kemangi. Bibit yang sudah disiapkan barusan ditanam dengan langkah menaburkan biji-biji kemangi secara merata di lokasi yang sudah disiapkan. Sesudah itu lapisi biji kemangi dengan memakai tanah secara tipis pada sebelah atas secara merata.
  • Lalu berikan air dan guyur pada zona bendengan secara merata sampai membasahi benih kemangi yang ditanam. Supaya biji kemangi yang yang ditanam tidak larut dan terbawa oleh air, siramlah bibit kemangi yang sudah ditanam pada lubang tanam dengan menggunakan selang. Selang yang dibentuk seperti pancaran ke udara, sehingga air yang keluar serupa dengan pancaran air hujan.
  • Waktu penyiraman tanaman kemangi selayaknya bisa dilaksanakan pada dini hari dan petang hari.
  • Ketika benih kemangi yang sudah ditanam berumur 3 – 4 hari sesudah disebar, bibit kemangi akan mulai berkecambah. Jika usia dari benih kemangi itu sudah memasuki pekan ke-4 dan ke-5, tumbuhan kemangi telah mempunyai akar yang kuat untuk dipindahkan ke lokasi penanaman.

Membaca Juga: Cara Budidaya Bunga Mawar

  1. Perawatan Tumbuhan Kemangi

Dalam perawatan tumbuhan kemangi tidaklah susah, akan tetapi terdapat hal-hal urgent yang seharusnya dilihat, seperti:

  • Perawatan tumbuhan kemangi selayaknya dilaksanakan secara berbarengan dengan penyiraman, dan pengecekan secara terencana juga dibutuhkan supaya tidak ada hama dan gulma yang mengusik pada tanah yang ditanamai tumbuhan kemangi. Pasalnya, tumbuhan gulma atau biasa dipanggil dengan hama itu akan mencuri gizi, isi, serta zat yang tersimpan di dalam tanah yang semestinya dipakai tumbuhan kemangi untuk melaksanakan pengerjaan pertumbuhan.
  • Semasa waktu penanaman bibit, bibit kemangi akan mulai bekembang pucuk dan batang sampai daun semakin membesar. Waktu pertumbuhan tumbuhan kemangi sekitar 5 – 7 hari dari penanaman.
  • Sesudah batang pada tumbuhan kemangi telah mencapai sekitar 5 centimeter dan daunnya masih ada 4 sampai 5 lembar daun, lalu pindahkan tumbuhan kemangi ke bendengan.
  • Pada penanaman benih seharusnya dikuasai jaraknya supaya perkembangannya tidak saling merenggut gizi dalam tanah antara satu tumbuhan kemangi dengan tumbuhan kemangi lainnya.
  • Semasa waktu pertumbuhan butuh juga dilihat dan dihilangkan hama seperti ulat, dan selayaknya senantiasa diusahakan untuk tidak memakai pestisida yang akan mengusik kebugaran pada manusia kalau daun kemangi yang ada pertisida di pemakaian oleh manusia itu sendiri.
  • Tumbuhan hama seperti rumput juga butuh dicabut secara rinci sebab bisa menggangu tumbuhan kemangi yang masih memiliki usia muda.
  • Lalu, supaya pertumbuhan kemangi bisa optimal, pangkaslah bunga-bunga tanaman kemangi tiap sepekan satu kali supaya tumbuhan kemangi itu bekembang dan lebat dengan cepet.
  1. Pemanenan Daun Kemangi

Waktu pemanenan tunas daun ini selayaknya jangan sampai bekembang bunga yang akan membikin daun kemangi kurang enak untuk di pemakaian. Untuk dapat merasakan peristiwa pemanenan terdapat waktu-waktu tertentu dalam pemanenan, yaitu:

  • Penanaman semenjak 50 hari dari hari penanaman daun kemangi telah dapat di petik/dituai.
  • Selayaknya kerjakan pemetikan pada daun-daun muda seperti melaksanakan pemetikan pada tunas daun teh.
  • Pemanenan dilaksanakan dengan memakai gunting. Sebelah yang digunting ialah pada batang diatas ruas daun kedua. Kalau telah terlanjur bercabang (sebab bongsor), sebelah yang di gunting ialah di ranting sesudah ruas daun pertama.
  • Pemetikan pada tunas daun akan menstimulasi pada pertumbuhan cabang-cabang baru yang memungkinkan lebih bnyak pucuk baru yang akan bekembang. Pucuk baru yang akan muncul kelak bisa di penuaian di periode setelah itu. Tumbuhan kemangi merupakan tumbuhan yang cepet dalam waktu perkembangannya dan dalam pembudidayaannya tidaklah kompleks.

Tanaman ini bisa bertahan dalam cuaca panas ataupun cuaca dingin, ketidaksamaan cuaca cuma bisa memberi pengaruh daun pada tanaman kemangi itu sendiri. Biasanya, tanaman kemangi yang bekembang di cuaca dingin mempunyai daun yang lebih lebar dan lebih hijau di bandingkan dengan daun kemangi yang bekembang di cuaca yang panas.

Pemberantasan Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit pada tumbuhan kemangi masih terhitung amat sedikit juga dengan penyemprotan insektisida pada tumbuhan kemangi masih amat langka diberi. Biasanya, penyemprotan pada tumbuhan kemangi itu sendiri lazimnya diberi untuk menjauhi bahaya yang dikhawatirkan residunya masih tertinggal di daun ketika dituai continue.

Akan tetapi, walaupun demikian, jika ditemui ulat yang menyerbu pada daun kemangi dalam jumlah besar bisa dilaksanakan pengontrolan dengan insektisida Azodrin sebanyak 20-3- centimeter cubic(cc)/1liter air atau bisa pula diberi juga dengan memakai insektisida dengan tipe Diazinon 60 EC serta memakai dosis sebanyak 1-2 centimeter cubic(cc)/1liter air.

Cara Budidaya Kemangi

Budidaya pada tanaman kemangi ini kerap memanfaatkan biji dengan melaksanakan penyemaian bibit, bibit yang sudah di semai lalu akan dipindahkan ke lokasi yang lebih luas. Untuk lebih rinci bisa memperhatikan pada ulasan dibawah ini. Berikut ulasan tentang gimana pertumbuhan kemangi:

  1. Tanaman kemangi bisa bekembang dmana saja. Tidak terdapat cara khusus dalam menanam tanaman ini.
  2. Tanaman kemangi ini pun akan bekembang lebih baik kalau ditanam pada tanah yang bnyak memiliki kandungan kecut.
  3. Tanaman ini bisa bekembang di daratan rendah sampai pada ketinggian 500 mdpl.
  4. Tanaman ini bnyak ada di Asia dan Amerika. Asalnya blum dikenal sacara pasti akan tetapi di pulau Jawa. Kemangi amat bnyak dibudidayakan, tumbuhan ini kerap di tanam di kebun-kebun, di pagar-pagar, di lapangan ataupun di rumah-rumah.
  5. Bisa ditanam dengan beraneka macam wadah.

Berikut ini ialah video langkah menanam kemangi di rumah:

Demikian untuk peningkatan serta gimana langkah budidaya dari tumbuhan kemangi itu sendiri. Sebagai tumbuhan yang mempunyai bnyak manfaat, sudahlah pasti bahwa tumbuhan kemangi itu amat disukai oleh masyarakat Indonesia. Terpukau untuk coba menanam daun kemangi sendiri? Silahkan memakai langkah menanam daun kemangi di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *