11 Cara Menanam Tebu yang Baik dan Benar

Posted on

11 Cara Menanam Tebu yang Baik dan Benar

Tebu ialah intisari dari salah satu bumbu tumbuhan yang paling umum digunakan ketika ini, yaitu sebagai bahan asas dari gula. Selain itu, tumbuhan ini bisa dikonsumsi secara langsung dengan langkah menggigitnya. Pengambilan sari lazimnya pada modern ini juga sudah memakai alat tolong bermodel mesin peluruh yang lalu akan mengeluarkan sari tebu sampai keakar-akarnya. Serta sebagai bahan murni dari gula, maka tebu ialah wujud dari gula murni yang tanpa diberi bahan pengawet sehingga lebih sehat. Oleh sebab itu, jika kamu terpukau melaksanakan pembudidayaan tebu, berikut ini ialah langkah menanam tebu dengan baik dan bener:

  1. Iklim dan Kondisi Cuaca

Tebu ialah salah satu tumbuhan yang perkembangannya amat dipengaruhi dengan kondisi alam terkhusus iklim dan cuaca. Untuk tebu sendiri, tumbuhan ini akan mempunyai pertumbuhan paling baiknya jika berada di tempat yang mempunyai temperatur udara yang terhitung panas yaitu dengan keperluan temperatur udara untuk pertumbuhan sekitar 25 – 28 derajat celcius. Selain itu langkah menanam tebu yang paling pentih ialah melihat curah hujan. Curah hujan yang dibutuhkan ialah sekitar 100 mm/tahun ialah salah satu tambahan untuk membikin tumbuhan tebu berada pertumbuhan paling baiknya.

  1. Kondisi Tanah

Sesudah melihat keadaan dari iklim yang diperlukan serta cuaca yang diperlukan untuk menanam tumbuhan tebu, maka cara  setelah itu ialah dengan menetapkan areal yang akan ditetapkan. Sblm itu, sobat seharusnya mengecek dari kadaan tanah yang akan dipakai. Untuk ini, kamu mungkin dapat coba langkah menanam tebu di teras rumah atau minecraft.

Untuk menimbulkan kan tumbuhan tebu, tanah yang paling dianjurkan untuk dipakai dalam menanam tebu ialah dengan memakai tipe tanah mediteran, regosol, alivial, dan podsolik. Serta, isi dari pH tanah (satuan tingkat keasaman tanah) yang paling baik untuk dipakai untuk menanam tebu ialah sekitar 6.4 – 7.7 atau keasaman tanah pada keadaan tengah netral. Penentuan tipe dan ukuranan tanah yang akan dipakai amat urgent sebab akan memberi pengaruh keadaan pertummbuhan tumbuhan tebu itu sendiri.

  1. Menyiapkan Lokasi

Sesudah pemilihan kepada kondisi tanah yang akan dipakai, maka ketikanya melaksanakan persiapan kepada lokasi yang akan dipakai. Menyiapkan lokasi yang akan dipakai untuk melaksanakan penanaman tebu bisa dilaksanakan dengan memakai dua langkah, langkah pertama yaitu dengan langkah melaksanakan pencurian lokasi dan cara Reynoso.

Dalam melaksanakan pengerjaan pencurian lokasi tanam selayaknya dilaksanakan pada tanah yang tengah kering, sebab tujuan utama dari pengerjaan pencurian ini ialah membikin tanah yang akan dipakai untuk menjadi gembur. Selain itu, dengan membikin gembur tanah akan membikin tanah yang akan sobat pakai akan membikin terjadinya pengerjaan pertukaran udara oksigen pada tanah serta buang racun yang mengendap didalam tanah.  Lalu  sobat seharusnya membikin alur-alur dalam melaksanakan penanaman tebu dengan melaksanakan penanaman benih dari tebu dengan kedalaman lebih kurang 20 centimeter. (Membaca Juga: Cara Mencangkok Tanaman)

Untuk cara selain cara pencurian lokasi, sobat bisa melaksanakan cara reysono dalam melaksanakan pengerjaan pengolahan lokasi. Reysono sebagai cara lain menawarkan langkah pengerjaan penglahan yang berbeda halnya dengan langkah melaksanakan pengerjaan penanaman dengan zona penanam yang akan ditanami dengan kedalaman lebih kurang 40 centimeter serta membentuk speerti cekungan. Namun butuh diingat lagi, jika cara reysono ini akan berlaku jika tanah di tempat yang akan ditanami termasuk bnyak airnya.

  1. Memilih Benih Tebu

Dalam memilih benih tebu, ada empat buah jenis benih tebu yang bisa dipakai, yaitu benih tunas, benih batang muda, benih rayungan serta benih siwilan. Pada benih pertama atau benih tunas, sobat bisa mengambilnya pada tumbuhan tebu yang lazimnya sudah memasuki usia 12 bulan. Lalu sobat akan mengambil pucuk muda yang bekembang pada sebelah tumbuhan tebu yang sudah berumur 12 bulan itu sebanyak 2 – 3 buah pucuk muda yang mempunyai panjang sekitar 20 centimeter.

Jika mau memakai benih muda yang berasal dari tumbuhan tebu yang mirip, sobat bisa mengambilnya pada sebelah batang tebu yang sudah berumur 5 – 7 bulan. Lalu, batang tumbuhan tebu yang sudah dipilih itu lalu akan dipotong sampai menjadi 2 – 3 sebelah yang lalu akan dibuat stek. Selain itu ada benih rayungan, benih ini ialah benih yang sblmnya pastinya sudah kerap dipakai untuk melaksanakan pembenihan, untuk benih ini lazimnya benih yang diambul berasal pada tunas tumbuhan tebu yang telah meninggal.

  1. Waktu Penanaman Tebu

Waktu paling baik untuk melaksanakan pada tebu yang akan ditanam ialah ketika cuaca dari langit cemerlang. Lazimnya, penanaman tumbuhan tebu pada tempat kering dilaksanakan ketika memasuki bulan oktober sampai bulan desember. Dan jika dilaksanakan pada tempat lembab akan dilaksanakan pada awal dari musim kemarau.

Membaca Juga: Cara Menanam Kamboja

  1. Pengerjaan Penanaman Tumbuhan Tebu

Pada tempat yang termasuk tempat kering, lazimnya cara yang dilaksanakan untuk menanam tebu yang masuk dalam anjuran ialah dengan langkah memakai benih yang berasal dari stek yang sudah mempunya 8 – 9 dari mata pucuk. Jarak yang dibutuhkan untuk melaksanakan penanaman ialah sekitar 1 meter tiap stek yang akan ditanamkan, lalu penanaman akan dilaksanakan sedalam 1,25 sampai 1,35 per batang stek yang terdapat.

Jika tempat yang ditanami berada di iklim yang berair, penanaman ystek yang akan dilaksanakan ialah dengan memakai stek dengan 3 mata pucuk yang lazimnya dipakai dalam cara yang dipanggil dengan cara tumpang tindih, atau bersentuh ujung.

Cara menanam tebu yang bisa dipakai jika sobat mempunyai energi yang kurang dalam menanam tebu pada tempat yang berair ialah dengan langkah mengaitkan tebu sebanyak 5 – 6 mata pucuk yang sudah dipotong menjadi dua sebelah.

  1. Penyiraman

Sesudah melaksanakan penanaman, langka setelah itu ialah dengan langkah melaksanakan penyiraman pada tumbuhan yang baru saja ditanamkan. Penyiramaan, seperti tumbuhan pada biasanya, dilaksanakan dengan langkah memperhatikan dari keadaan tumbuhan itu sendiri serta dengan melihat tanah dan cuaca. Dalam menanam tumbuhan tebu, penyiraman lazimnya dilaksanakan ketika sudah dilaksanakan pengerjaan pemupukan atau paling lama sekitar 3 hari sesudah pengerjaan pemupukan.

  1. Penyulaman

Pengerjaan penyulaman ini bisa dilaksanakan untuk menukar benih dari tumbuhan tebu jika tebu yang mau ditanami tidak cocok dengan apa yang diinginkan. Pengerjaan ini bisa dilaksanakan jika tebu yang ditanam sudah berumur 2 – 4 pekan. Hal tersebut seharusnya dilakukan jika sobat memperhatikan tumbuhan tebu yang ditanam bekembang dengan tak normal, maka, sesegeralah melaksanakan penyulaman supaya tidak mengusik produksi dari tebu yang tengah sobat tanam

  1. Penyiangan

Pengerjaan penyiangan ialah pengerjaan dmana sobat mencabut atau menghentikan pengerjaan pertumbuhan dari tumbuhan gulma yang bekembang berada disekitar tumbuhan yang tengah sobat tanam, niat dari ini ialah tumbuhan tebu. Jika tumbuhan yang didapat pada zona tanam masih minim, sobat bisa mencabut sampai ke sebelah akar dari tanamn gulma itu, namun jika tumbuhan gulma telah tidak terkendali. Selayaknya sobat memakai herbisida dengan tipe DMA, Amexon, atau Gesapax. Dalam pengerjaan ini lalu akan dibagi menjadi beberapa sebelah fungsi untuk memperhatikan pertumbuhan dari tumbuhan gulma yang terdapat disekitar tumbuhan tebu yang terdapat. (Membaca Juga: Cara Menanam Kaktus)

  1. Pemupukan

Pengerjaan dari pemupukan ialah dengan memakai pupuk P3GI. Definisi yang dimaksud ialah pemupukan dengan memakai tipe pupuk KCL. Dalam pengerjaan pemupukan, dilaksanakan secara bertahap dan disesuaikan dengan keperluan dari tumbuhan tebu serta lokasi yang terdapat.

  1. Hama dan Penyakit

Tumbuhan tebu ialah tumbuhan yang sama pantasnya tumbuhan pada biasanya, oleh sebab itu dia bisa terkena dengan penyakit. Lazimnya pada waktu pembenihan, tumbuhan tebu amat gampang terkena dengan ulat pengerek. Jika tumbuhan tebu terkena penyakit ini, maka selayaknya dilaksanakan pemilihan dengan memakai varietas tebu yang termasuk bisa tahan dengan hama yang terdapat. Atau, bisa dengan memakai musuh alamiah dari hama ulat pengerek ini, yaitu dengan memakai Tricogama Sp, Lalat Jatiroto atau bisa pula memakai Thiodan 35 EC dengan langkah menyemprotkan cairan itu ke semua sebelah dari tumbuhan.

  1. Pemanenan

Pengerjaan pemanenan dari tumbuhan tebu bisa dilaksanakan dengan mengeluarkan tanah yang berlokasi pada sekitar tumbuhan tebu dengan kedalam lebih kurang sekitar 20 centimeter. Lalu, sebelah dari batang tebu ttersebut disisakan sebanyak 3 ruas jika sobat akan menanam kembali tebu yang terdapat, atau sobat juga bisa mencabutnya sampai sebelah akar jika lokasi yang sobat pakai akan dibongkar dan diganti memakai tumbuhan lainnya.

Lazimnya, ketika melaksanakan penuaian, sebelah tunas dari tumbuhan tebu ini dibuang lalu batang yang dituai akan diikat menjadi satu dengan jumlah sekitar 20 – 30 batang dalam satu hubungan besar yang lalu akan digiling dan diproses menjadi gula. Lazimnya, pengerjaan pemanenan ini akan dilaksanakan ketika memasuki bulan kering, yaitu antara bulan april sampai oktober.

Berikut ini Tutorial komplit langkah menanam tebu:

Sebab pengerjaan dan langkah menanam tebu yang termasuk gampang, yang dmana sobat bisa menanam kembali tebu yang sudah sobat penuaian, sesungguhnya tumbuhan tebu ini ialah tumbuhan yang terhitung ekonomis pada biasanya yang akan membikin kamu meminimalisir biaya dari produksi tumbuhan tebu itu. Jika Kamu terpukau cobanya, maka langkah budidaya tebu di atas akan amat dianjurkan untuk menanam tebu. Selamat Bercocok Tanam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *